Rabu, 10 Desember 2008

Model LKS IPA "Nerve Tester Game"

L K S

( Lembar Kerja Siswa)

Test Saraf ( Nerve Tester )

A. Masalah : Baagaimana anda bisa mengetahui bahwa makanan bisa mempengaruhi konsentrasi dan kerja saraf manusuia.

B. Alat dan bahan :

Ø Kabel telanjang 40cm

Ø Kabel tertutup 22-24cm

Ø Perekat ( lem bakar )

Ø Penampang karton / tripleks

Ø Lempung / tanah liat

Ø Bola lampu senter

Ø Vitting lampu

Ø Gunting

Ø Baterai

C. Langkah-langkah kegiatan

Ø Letakkan 2 (dua) gumpalan tanah liat di atas penampang karton / tripleks

Ø Bengkokkan kabel telanjang seperti terlihat pada gambar kemudian tancapkan kedua ujung kabel pada tanah liat

Ø Potong menjadi 3 (tiga) bagian kabel tertutup dan kupas setiap ujungnya

Ø Sambungkan ketiga kabel ke vitting dan baterai seperti terlihat pada gambar. Sambungkan ujung kabel yang sudah dikupas dari baterai ke kabel telanjang yang sudah ditancapkan ke tanah liat.

Ø Bengkokkan ujung bebas kabel bola lampu untuk membuat lingkran kecil terbuka Sentuh ujung lup ( lingkaran kecil terbuka )dari kabel besar. Lihat apabila lampu menyala.

Ø Untuk melakukan permainan, secara hati-hati lup terbuka diletakkan pada kabel telanjang. Gerakkan lup dari ujung yang satu ke ujung yang lain dan kembali lagi tanpa menyentuh kabel telanjang. Apabila tersentuh, lampu akan menyala. Orang yang paling banyak menyalakan lampu adalah pemenang.

Ø Pililah masing-masing 3 orang siswa atau anak yang sudah sarapan dan yang belum sarapan untuk melakukan percobaan.

Ø Masukkan data hasil pengamatan dan pencatatan ke dalam tabel percobaan seperti yang di bawah ini

Ø Gambar sirkuit atau rangkaian

D. Tabel Data Percobaan I

Siswa yang sudah sarapan

NO

Nama Siswa

Waktu

Jumlah nyala lampu

1




2




3





Tabel Data Percobaan II

Siswa yang tidak sarapan

NO

Nama Siswa

Waktu

Jumlah nyala lampu

1




2




3




E. Analisis Data :

Berdasarkan tabel pangamatan di atas :

v Siapakah siswa yang jumlah nyala lampunya paling sedikit pada saat permainan?......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

v Siapakah siswa yang waktunya paling cepat pada saat melakukan permaina.?.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

v Siapakah siswa yang jumlah nyala lampunya paling banyak pada saat permainan?......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

v Siapakah siswa yang waktunya paling lama pada saat melakukan permainan?......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

F. Kesimpulan :

v Kelompok siswa manakah yang paling sedikit menyalakan lampu saat permainan?................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

v Kelompok siswa manakah yang membutuhkan waktu lebih sedikit pada saat melakukan permainan?

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

G. Perluasan Materi

“ Mengapa orang yang sedang berpuasa dibulan Ramadhan sebaiknya bangun pagi untuk sahur sebelum berpuasa?”

Panduan LKS

( Lembar Kerja Siswa)

Test Saraf ( Nerve Tester )

Nama satuan pendidikan : SDM Mata Sumba Barat

Mata Pelajaran : SAINS

Kelas/Semester : V/1

Standar Kompetensi : Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia

dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

H. Masalah : Baagaimana anda bisa mengetahui bahwa makanan bisa mempengaruhi konsentrasi dan kerja saraf manusuia.

I. Alat dan bahan :

Ø Kabel telanjang 40cm

Ø Kabel tertutup 22-24cm

Ø Perekat ( lem bakar )

Ø Penampang karton / tripleks

Ø Lempung / tanah liat

Ø Bola lampu senter

Ø Vitting lampu

Ø Gunting

Ø Baterai

J. Langkah-langkah kegiatan

Ø Letakkan 2 (dua) gumpalan tanah liat di atas penampang karton / tripleks

Ø Bengkokkan kabel telanjang seperti terlihat pada gambar kemudian tancapkan kedua ujung kabel pada tanah liat

Ø Potong menjadi 3 (tiga) bagian kabel tertutup dan kupas setiap ujungnya

Ø Sambungkan ketiga kabel ke vitting dan baterai seperti terlihat pada gambar. Sambungkan ujung kabel yang sudah dikupas dari baterai ke kabel telanjang yang sudah ditancapkan ke tanah liat.

Ø Bengkokkan ujung bebas kabel bola lampu untuk membuat lingkran kecil terbuka Sentuh ujung lup ( lingkaran kecil terbuka )dari kabel besar. Lihat apabila lampu menyala.

Ø Untuk melakukan permainan, secara hati-hati lup terbuka diletakkan pada kabel telanjang. Gerakkan lup dari ujung yang satu ke ujung yang lain dan kembali lagi tanpa menyentuh kabel telanjang. Apabila tersentuh, lampu akan menyala. Orang yang paling banyak menyalakan lampu adalah pemenang.

Ø Pililah masing-masing 3 orang siswa atau anak yang sudah sarapan dan yang belum sarapan untuk melakukan percobaan.

Ø Masukkan data hasil pengamatan dan pencatatan ke dalam tabel percobaan seperti yang di bawah ini

Ø Gambar sirkuit atau rangkaian

. K. Tabel Data Percobaan I

Siswa yang sudah sarapan

NO

Nama Siswa

Waktu

Jumlah nyala lampu

1

Rully

2 menit

5

2

Devid

2,5 menit

7

3

Darmy

2,3 menit

7


Tabel Data Percobaan II

Siswa yang tidak sarapan

NO

Nama Siswa

Waktu

Jumlah nyala lampu

1

Richard

11 menit

15

2

Joan

10 menit

17

3

Agnes

12 menit

20


L. Analisis Data :

Berdasarkan tabel pangamatan di atas :

v siswa yang jumlah nyala lampunya paling sedikit pada saat permainan adalah Rully

v siswa yang waktunya paling cepat pada saat melakukan permainan Rully

v Siapakah siswa yang jumlah nyala lampunya paling banyak pada saat permainan aalah Agnes

v Siapakah siswa yang waktunya paling lama pada saat melakukan permainan adalah Agnes

M. Kesimpulan :

v Kelompok siswa yang paling sedikit menyalakan lampu saat permainan adalah kelompok siswa yang sudah sarapan atau makan pagi saat berangkat dari rumah ke sekolah

v Kelompok siswa yang membutuhkan waktu lebih sedikit pada saat melakukan permainan adalah kelompok sisw yang sudah sarapan dari rumah sebelum berangkat ke sekolah

N. Perluasan Materi

“ Mengapa orang yang sedang berpuasa dibulan Ramadhan sebaiknya bangun pagi untuk sahur sebelum berpuasa?”

Dalam hukum agama Islam sebagai salah satu agama yang diakui oleh Negara kita adalah agar setiap tahun tepatnya dibulan Ramadhan agar setiap umat atau pemeluk agama Islam agar berpuasa, puasa yang dilakukan oleh umat selama kurang/lebih 17 jam dalam sehari dimulai dari jam 4 dini hari. sebelum memulai hari-hari mereka dalam bekerja, sekolah dan lain-lainnya dibulan Puasa mereka terlebih dahulu haruslah Saur atau bangun dan makan secukupnya sebelum memulai Puasa mereka dalam hari ysng sksn mereks lewati agar kekuatan fisik mereka dapat terjaga dan tidak mudah lemas dalam melakukan aktifitas mereka baik dalam bekerja, belajar, dan sebagainya. hal ini sangatlah diperlukan oleh tubuh kita sehingga dapat memperoleh makanan yang akan berguna sebagai sumber energi yang dimanfaatkan oleh tubuh kita.


O. Landasan Teori

Makanan merupakan satu-satunya sumber energi yang dibutuhkan oleh setiap Makhluk hidup terutama dalam hal ini manusia dan hewan. energi yang diperoleh manusia untuk dapat melakukan berbagai aktifitas merupakan hasil dari pengolahan makanan yang dilakukan oleh bagian/organ tebuh yang berfungsi sebagai organ pencernaan seperti Mulut, kerongkongan, lambung dan hati. makanan yang di kunyah dari rongga mulut dengan bantuan gigi, lidah dan enzim-enzim pencernaan yang ada di dalam rongga mulut akan mengubah ukuran makanan yang akan kita telan menjadi lebih halus sehingga mudah dicerna oleh organ pencernaan yang lainnya seperti lambung, dari ulut-kerongkongan sampai kelambung makanan digiling lagi dengan bantuan berbagai enzim yang ada dalam lambung dan kontraksi lambung yang dapat mengubah ukuran makanan yang diterima dari organ pencernaan sebelumnya menjadi lebih halus. kemudiaan akan dibawa ke usus dan akhirnay dalam bentuk sari-sari makanan yang dalam wujud cairan darah makana akan disalurkan keseluruh bagian tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki agar dapat menggunakannya sebagai sumber energi.

SIRKUIT "NERVE TESTER"

Tidak ada komentar: